Cara Supaya Kuat Bersepeda

Fitness, gym dan berbagai hal latihan dilakukan untuk membentuk tubuh yang kuat di atas sepeda. Semua itu tentu untuk menjadikan tubuh selalu fit saat akan melakukan balapan. Tapi tahukah rider, bahwa ada beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap kuat diatas sepeda tanpa harus keluar rumah?

Darren Roberts, seorang pelatih yang bertanggungjawab atas kebugaran para atlit Redbull bersedia membagi ilmunya. And this is it! 5 latihan ini bikin kamu makin kuat di atas sepeda tanpa harus keluar rumah!

Yang pertama adalah press up, press up bisa dilakukan dengan latihan keras ataupun mudah. Mampu menangani berat badan sendiri adalah kuncinya, seperti yang dilakukan saat trek turunan. Jika tidak dapat melakukan push-up penuh, cari kursi atau pijakan untuk meletakkan tangan.

Kedua, skipping. Skipping sangat baik untuk semua latihan karena menggerakkan pergelangan kaki, betis dan kaki, serta koordinasi dan waktu. “Anda bisa membuat rutinitas lebih kompleks. Double-under, triple-under dan berbagai macam gerakan yang menantang” ujar Darren.

Ketiga, plank. Seperti press up, bisa dilakukan dengan latihan keras ataupun mudah. Banyak cara yang bisa dilakukan dengan Plank, tapi lebih baik jika gerakannya bertumpu pada siku dengan lengan menempel di lantai. Jaga garis lurus dari kepala ke bahu sampai ke kaki, dan tahan posisi selama yang anda bisa.

Latihan Pull-up mungkin terlihat tidak penting, tapi Anda perlu menguasainya. Kegiatan Pull-up ini memerlukan tenaga yang besar, tapi kedepannya Anda akan merasakan manfaat latihan ini dalam jangka panjang. Selain itu, bodyweight air squats, lunges, split squats adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatih kaki.

Apapun variasi yang anda pilih, jaga kepala tetap tegak lurus dengan tubuh, busungkan dada dan jangan biarkan lutut lebih maju daripada jari kaki. Ini akan membantu anda menggunakan seluruh kaki anda, bukan hanya paha depan.