Eurobike 2017 : Brooks Cambium All Weather, Sadel di Segala Cuaca

Ilustrasi via www.bikerumor.com.

Permukaan dari bahan karet pada sadel Brooks Cambium mulai menapakkan namanya sebagai pilihan alternatif bagi para pesepeda komuter, yang lebih tahan cuaca dibandingkan sadel kulitnya yang lebih klasik. Namun anyaman benang katun di antara bahan dasar karet akan menyerap air dan bahannya akan mengalami degradasi setelah terpapar beragam cuaca dalam waktu yang lama. Brooks kemudian berinovasi dengan mencari pilihan material nilon baru untuk dipadukan dengan lapisan bahan dasar karetnya. Hasilnya, sadel Cambium All Weather dengan berbagai seri akan memiliki tekstur dan kenyamanan yang sama, juga dengan harga yang lebih murah karena menggunakan bahan komposit baru untuk konstruksi dasarnya.

Cambium All Weather yang baru masih menggunakan bahan karet yang diproses dengan cara yang sama seperti seri Cambium pendahulunya, namun kombinasinya diganti dengan serat nilon (sebelumnya memakai serat katun). Sadel yang baru ini hanya punya satu pilihan warna, hitam, yang lebih gelap dibandingkan dengan Cambium yang menggunakan serat katun. Rivetnya berbahan aluminium dan juga berwarna hitam anodized.

Pada bagian bawah, sadel Cambium All Weather memakai bahan reinforced fiberglass, serta lapisan nilon yang dibentuk sebagai dasar sadel, yang menambah bobot sadel beberapa puluh gram jika dibanding sadel Cambium pendahulunya.

Cambium All Weather tersedia dalam tiga pilihan bentuk, C15 untuk road, C17 untuk touring dan C19 untuk komuting. Sedangkan seri dengan bentuk yang lebih sempit, C13, tak tersedia dalam pilihan seri All Weather, dan masih menggunakan kombinasi komponen serat katun dan konstruksi rel dari serat karbon yang lebih ringan.

Masing-masing seri tersebut tersedia dalam dua pilihan, bentuk standard, atau dengan Carved centre cutout khas dari Brooks, sehingga penggunanya akan memiliki lebih banyak pilihan.

C15 (via www.bikerumor.com)
C17 (via www.bikerumor.com)
C19 (via www.bikerumor.com)

Semua seri dan bentuk Cambium All Weather dibanderol dengan harga yang sama, €110.

(diolah dari www.bikerumor.com)