Van Avermaet dan Philippe Gilbert Pimpin Tim Belgia di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda

Greg van Avermaet dan Oliver Naesen saat start di ajang Bretagne Classics (via Tim de Waele / TDWsport.com).

Federasi Sepeda Belgia telah mengumumkan tim yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda UCI di Bergen akhir September ini. Di dalamnya tercantum nama juara Olimpiade Greg van Avermaet, juga ada Philippe Gilbert, dan beberapa nama pembalap sepeda top lainnya yang menonjol dari Belgia. Salah satu kejutannya adalah tidak terpilihnya Sep Vanmarcke.

Greg van Avermaet, juara Paris – Roubaix dan Gent – Wevelgem tahun ini, juga Philippe Gilbert yang memenangi Tour of Flanders tahun ini, adalah pilihan yang tidak bisa dibantah akan mewakili Belgia. Pembalap lain yang terpilih untuk laga road race lainnya juga dipilih berdasarkan ranking yang paling baik di daftar ranking UCI. Tiesj Benoot (Lotto – Soudal), Jens Keukeleire (Orica – Scott), Oliver Naesen (AG2R La Mondiale), Jasper Stuyven (Trek – Segafredo), Dylan Teuns (BMC Racing) dan Tim Wellens (Lotto – Soudal). Hanya Julien Vermote (Quick-Step Floors), pembalap yang berasal dari ranking yang jauh lebih rendah, yang akan bertugas sebagai pembalap pendukung.

Pelatih balap sepeda Belgia, Kevin de Weert mengatakan bahwa meninggalkan nama Sep Vanmarcke adalah pilihan yang sulit. “Semuanya terkait dengan strategi bagaimana kita membalap nanti. Tim ini punya dua pembalap yang akan memimpin, van Avermaet dan Philippe Gilbert. Dan kami juga punya pembalap seperti Oliver Naesen, yang bisa menggantikan salah satu dari dua pembalap utama, jika ada masalah dengan salah satunya,” ujarnya pada Sporza.be.

Sep Vanmarcke, yang masa depannya belum jelas karena kesulitan sponsor yang dialami timnya, Cannondale – Drapac, agak sedikit menyesal dengan keputusan pelatihnya di tim nasional. “Kejuaraan Dunia sebenarnya adalah tujuan utamaku tahun ini. Namun sayangnya aku tak tercantum di dalamnya.”

Sep Vanmarcke agak terganggu selama balapan yang diikutinya di musim semi yang lalu. Di beberapa balapan, dia harus absen karena terkena virus. Di Tour of Flanders, dia sempat terjatuh, dan harus absen di Paris – Roubaix. Dia juga tak terpilih saat seleksi pembalap yang akan diikutkan di Tour de France. Namun penampilannya mulai membaik setelah pertengahan tahun.

“Musim panas ini mulai berpihak padaku. Plouay (Bretagne Classic – Ouest France) contohnya, aku bisa mengatasi semua ‘serangan’ tim lain padaku, dan ada akhirnya aku bisa berada di posisi ke-4 di antara para sprinter lain. Itulah yang membuatku sedikit terkejut tidak terpilih dalam seleksi kali ini.”

Meskipun tak terpilih dalam skuad utama, nama Vanmarcke tetap tercantum dalam daftar pembalap cadangan, termasuk Thomas de Gendt, Jan Bakelants, Dries Devenyns dan Iljo Keisse.

Yves Lampaert dan Laurens de Plus (Quick-Step Floors), serta Victor Campenaerts (LottoNL – Jumbo) akan bertanding di kelas time trial.

Juara nasional Belgia, Jolien D’Hoore akan memimpin tim nasional wanita Belgia, dengan skuad Jesse Druyts, Ann-Sophie Duyck, Lotte Kopecky dan Kelly van den Steen.

(diolah dari www.cyclingnews.com)