Universitas Groningen Sediakan Rak Sepeda Khusus untuk Peraih Nobel

Profesor Ben Feringa dan plakat penanda tempat parkir sepedanya (via road.cc).

Universitas Groningen membuat rak sepeda khusus untuk peraih Penghargaan Nobel, Profesor Ben Feringa, untuk menghormati jasanya dan pengabdiannya di universitas tersebut.

Sudah menjadi tradisi di banyak universitas di seluruh dunia, bahwa penerima Penghargaan Nobel akan memiliki tempat parkir khusus dan spesial, namun pihak kampus menemui masalah ketika mengetahui kebiasaan Sang Profesor yang lebih suka bersepeda.

Jadi, pada tanggal 23 Agustus yang lalu, sebuah rak sepeda ‘khusus Penerima Penghargaan Nobel’ dipasang di Fakultas Sains dan Teknik, tempat Sang Profesor mengajar.

Profesor Ben L. Feringa menerima Penghargaan Nobel di tahun 2016 di bidang kimia, bersama dengan Profesor Jean-Pierre Sauvage (Prancis) dan Profesor Sir James Stoddart (Inggris Raya) karena hasil kerja mereka dalam pengembangan mesin molekuler.

Ben Feringa telah menjadi profesor sejak tahun 1988.

Penemuannya di tahun 1999, ‘motor molekuler’, sebuah molekul yang bisa berputar dengan pengaruh cahaya, diakui secara luas sebagai penemuan kelas dunia untuk memahami gagasan bahwa ‘motor molekuler’ bisa mentransport dirinya sendiri melalui aliran darah untuk ‘mengirimkan’ obat yang sebelumnya tidak bisa dicapai lokasinya di dalam tubuh manusia, dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

(diolah dari road.cc)