New York Sediakan Fasilitas Pompa Sepeda Gratis

Pompa sepeda gratis di tempat umum (via Better By Bike).

Kota New York mencoba mengatasi boomingnya tren sepeda dengan menyediakan fasilitas pompa sepeda di beberapa bagian populer di kota tersebut.

Berdasarkan laporan yang dirilis di awal musim panas oleh Department of Transportation (DOT / Dinas Transportasi), “Dalam satu dekade terakhir, perjalanan yang dilakukan dengan sepeda meningkat hingga 150 persen.”

Sebagai responsnya, pihak pemerintah telah berkomitmen untuk membangun jalur sepeda baru, skema berbagi sepeda dan keamanan yang lebih ditingkatkan.

Melalui cuitan Twitter, DOT juga mengumumkan akan memasang fasilitas pompa sepeda di beberapa tempat di kota tersebut, di bawah Jembatan Manhattan di Brooklyn, di dekat Jembatan Williamsburg, dan di Pulau St. George Staten, di dekat terminal feri-nya.

Juru bicara DOT mengungkapkan pada Gothamist, “Lokasi spesifik tersebut dipilih karena lalu lintas sepeda yang tinggi dan terdapat tempat terlindung untuk meletakkan fasilitas pompa.”

Hal yang dilakukan New York juga sejalan dengan kota-kota lain yang menjadikan sepeda tetap menjadi bagian yang aman di jalan raya. Di Toronto, salah seorang anggota dewan kotanya mengusulkan untuk menambahkan fasilitas bengkel mandiri di beberapa taman kota.

Mary-Margareth McMahon mengatakan pada MetroNews, “Jika kita ingin mempromosikan budaya bersepeda, kita membutuhkan inisiatif seperti ini (bengkel mandiri) di beberapa bagian di kota.”

(diolah dari road.cc)