BLINK! Sadel dengan Lampu Sein yang Terintegrasi

BLINK! (via road.cc)

Dikembangkan di Madrid, Spanyol, sadel BLINK! menambah rasa aman pesepeda dengan fitur lampu rem serta lampu sein. Penemunya mengeklaim bahwa dengan adanya lampu sein akan memudahkan pengendara kendaraan lain di belakang sepeda untuk mengetahui ke arah mana sepeda akan berbelok. Selain itu juga tentu lebih aman bagi sang pesepeda, karena dia tak perlu melepaskan tangan dari handlebar dan memberi petunjuk akan berbelok ke kanan atau ke kiri, yang bisa jadi juga akan mengganggu keseimbangan saat bersepeda.

Lampu rem dan lampu sein di sadel itu dikontrol dengan sistem nirkabel, dengan tombol yang terpasang di handlebar. ‘Smart Brake System’ juga akan merespon saat pesepeda melambatkan laju sepedanya, dan kemudian akan menyalakan lampu rem di sadel itu. Lampu di sadel itu diklaim memliki sudut visibilitas hingga 270 derajat.

Lampu-lampu di sadel dan tombol pengontrol yang terpasang di handlebar bisa diisi daya dengan menggunakan kabel USB, dan semua unit (lampu dan tombol kontrol) weatherproof. Melalui situs Kickstarter, proyek sadel inovatif itu telah mendapat dukungan US$5.000. Hingga hari ini, masih ada sekitar 3 minggu lagi bagi pihak BLINK! untuk mencapai target US$45.000. BLINK! memperkirakan pengiriman pertama bagi pembeli yang sudah memesan akan dilakukan pada bulan November 2017. Diperkirakan, di pasaran, harganya mencapai 165 Euro. Namun bagi pembeli yang juga menyumbang melalui Kickstarter, mereka mendapatkan potongan 30 persen dan dapat membelinya dengan harga 115 Euro.

(diolah via road.cc)