Merida Scultura Vincenzo Nibali untuk Giro d’Italia Edisi ke-100

Courtesy Merida / Bettini Photo.

Sebagai cara lain untuk memperingati edisi ke-100 Giro d’Italia yang dimulai 5 Mei ini, Merida membuatkan seri Scultura edisi khusus, yang akan dipakai Vincenzo Nibali di balapan yang dimulai di Sardinia itu. Jika sebagian besar produsen sepeda lain lebih memilih warna merah muda untuk dipakai di Giro d’Italia, Merida memilih cara klasik, hitam. Di sepeda itu juga tertulis semua nama pembalap yang pernah memenangi Giro d’Italia…

Warna hitam Merida Scultura special edition yang dipakai Vincenzo Nibali mendapatkan inspirasi dari trofi yang didapat pemenang Giro yang berbentuk spiral, yang di trofi itu juga tertera nama-nama pemenang Giro sebelumnya. Vincenzo Nibali kembali berlaga di Giro kali ini sebagai juara bertahan. Sepeda spesial itu dilengkapi dengan groupset R9150 Dura-Ace Di2, wheelset Fulcrum Speed 55T karbon dengan ban Continental Competition Pro LTD, handlebar FSA K-Force, serta sadel Prologo Scratch 2.

Tampilan spiral di atas warna dasar hitam pada sepeda itu tak hanya dari cat berwarna emasnya saja, namun juga motif daun berwarna emas yang tampak seperti pita yang mengikat di sekitar tubing frame.

Dan Vincenzo tak perlu khawatir dengan bertambahnya bobot sepeda karena catnya yang full customized. Diklaim bahwa frameset Scultura hanya seberat 750 gram (yang juga diklaim sebagai yang paling ringan di antara yang lainnya), Merida akan sangat leluasa melengkapi frame Scultura itu dengan komponen yang setidaknya memiliki bobot paling ringan 6,8 kg.

Motif spiral diakhiri dengan nama Vincenzo Nibali sendiri, dengan dua buah bintang yang menandakan kemenangannya di Giro tahun 2013 dan 2016. Dia mengharapkan tahun ini juga bisa memenanginya, dan menambah satu bintang lagi, dan bergabung dengan 8 pembalap lain yang pernah memenangkan Giro d’Italia 3 kali atau lebih (termasuk dua pembalap Italia, Alfredo Binda dan Fausto Coppi, serta pembalap Belgia Eddy Merckx, yang masing-masing pernah memenangi Giro d’Italia 5 kali dalam karirnya).

(diolah dari www.bikerumor.com)