John Woodburn (1936-2017), Pesepeda Pemecah Rekor yang Unik

John Woodburn (via arsip Cycling Weekly).

John Woodburn, yang meninggal pada hari Jumat, 14 Mei yang lalu, bertepatan dengan Perayaan Jumat Agung, meninggal di usia 80 tahun, adalah seorang juara time trial dan seorang pemecah rekor, yang masih memegang rekor hingga usianya mencapai 70an tahun.

John Woodburn yang lahir di Handsworth, Birmingham, namun keluarganya pindah ke wilayah Reading setelah Perang Dunia ke-2, mulai terkenal saat dia memenangkan kejuaraan National 25 pada tahun 1961, dia menjadi pembalap pertama yang memenangi National Time Trial Championship dengan sepeda yang multi gear. Pada saat itu di Inggris, bukan karena tidak diperbolehkan menggunakan sepeda multi gear, namun sebelum itu, teknologi multi gear memang belum masuk dan belum digunakan di Inggris.

George Pearson, seorang editor di majalah Cycling – yang juga pernah menjadi kolumnis Cycling Weekly – mendeskripsikan John Woodburn sebagai ‘seorang yang sulit dideskripsikan’. Dia bisa sangat serius, atau menjadi humoris dan sangat konyol, dan kadang di suatu kesempatan, dia menjadi orang yang pemalu.

Satu tahun setelah John Woodburn memenangkan National 25, dia dikontrak oleh tim Moulton, dan mengendarai sepeda bersuspensi dengan roda yang sedikit lebih kecil – memang bukan untuk balap sepeda yang serius – untuk menciptakan rekor waktu yang ditempuh dari satu tempat ke tempat lain. Dia memecahkan rekor dari Cardiff menuju London, dengan jarak tempuh 162 mil dan kecepatan rata-rata 24 mil/jam.

Pada 1963, dia mengikuti ajang ‘Peace Race behind The Iron Curtain’ bersama dengan tim Inggris Raya, dan mengakhiri lomba di posisi ke-14 dari 121 pembalap. Dia menjelaskan bahwa sebagian besar pembalap Inggris yang lain tak terlalu antusias dengan lomba itu, dan dia mengikuti nalurinya sendiri untuk membalap.

Semakin bertambahnya usia tak membuat John Woodburn melambatkan kayuhannya, dan bahkan menciptakan standard yang lebih tinggi lagi bagi pesepeda seusianya. Pada usia 42 tahun, dia menjadi pembalap veteran pertama yang memenangi kompetisi time trial British Best All-Rounder, dan pada 1981 dia memecahkan rekor tercepat Les West – Bath – Les West.

Pencapaian John Woodburn yang paling dikenang adalah pada 1982, saat memecahkan rekor Land’s End – John O’Groats. Rekornya, 45 jam 3 menit, bertahan selama 14 tahun, hingga kemudian di 1996 Andy Wilkinson menajamkan rekor tersebut menjadi lebih cepat 57 detik. Dan rekor tercepat yang terakhir dibuat oleh Gethin Butler di tahun 2001, yaitu 44 jam, 4 menit dan 20 detik, selisihnya hampir satu jam dari rekor sebelumnya.

Pada tahun 90an dan 2000an, John Woodburn masih tetap bersepeda dan tetap menciptakan rekor baru. Di usia 63, dia mencatatkan rekor 51 menit untuk menempuh jarak 25 km, dan di usia 73 dia mencatatkan waktu 21 menit untuk menempuh 10 km, dan kedua rekor yang terkait dengan usia tersebut masih bertahan hingga sekarang.

John Woodburn akan dimakamkan pada hari Kamis, 11 Mei 2017, di St. Mary’s, Twyford.

(diolah dari www.cyclingweekly.com)