Mark Beaumont Bersepeda Keliling Dunia dalam 80 Hari

Mark Beaumont di Edinburgh (via Visit Scotland).

Mark Beaumont telah mengungkapkan rencananya untuk bersepeda keliling dunia hanya dalam waktu 80 hari, juga sekaligus untuk memecahkan rekor yang dipegang oleh Andrew Nicholson dari Selandia Baru, yang menempuh waktu 123 hari di tahun 2015.

Sebelumnya, Mark Beaumont pernah melakukan usaha yang sama di tahun 2008, namun pada saat itu membutuhkan waktu 194 hari; dan dia berencana memangkasnya hingga setengah dari waktu yang dibutuhkan saat itu.

Sebagai pemanasan sebelum melakukan perjalanan 18.000 mil keliling dunia yang akan dimulai di Paris pada 2 Juli, pesepeda berusia 34 tahun itu melakukan perjalanan dari pantai-ke-pantai sejauh 2.500 mil yang dimulai di London pada 4 April yang lalu.

Dia bersepeda dari pantai-ke-pantai dengan pola kayuhan yang akan dilakukannya nanti saat berkeliling dunia dalam 80 hari. 2.500 mil akan ditempuh dalam waktu 15 hari, 240 mil dalam sehari dan bersepeda selama 16 jam per hari.

Mark Beaumont juga melakukan penggalangan dana untuk yayasan Orkidstudio, sebuah organisasi yang melakukan pembangunan dengan desain arsitektur yang inovatif dan aplikatif melalui komunitas-komunitas kecil di seluruh dunia.

Mark Beaumont berujar, “Ini adalah titik kulminasi sejak dua dekade yang lalu, sejak aku berusia 12 tahun dan telah bersepeda berkeliling Skotlandia. Aku sangat menyukai rencana dan perjalanan ini, dan agar para pemuda bisa terinspirasi dengan apa yang bisa dilakukan dalam waktu 80 hari saja. Aku ingin menjelaskan lagi tentang batas kemampuan endurance manusia dengan membuktikan bahwa apa yang dianggap tidak mungkin, sebenarnya bisa saja dilakukan.”

Wiggle akan menyediakan kebutuhan nutrisi untuk usaha Mark Beaumont itu. Diperkirakan sebanyak 484 energy bar dan 149 protein bar dibutuhkan dalam usaha pemecahan rekor itu.

Perusahaan tersebut juga menyediakan kebutuhan penting untuk survival, seperti kelambu dan P3K, dan tas sepeda dari Osprey dan Endura.

(diolah dari www.cyclingweekly.com)