5 Alasan Utama Sepeda Mudah Dicuri

Sepeda yang diparkir di halaman rumah (via totalwomenscycling.com).

Di Inggris, sepeda adalah benda yang paling sering dicuri, atau dengan kata lain, kasus pencurian sepeda berangka tinggi. Saat bersepeda menjadi sebuah hobi, sarana meditasi, atau sarana transportasi untuk berkeliling kota, kehilangannya adalah sebuah bencana…..

Pesepeda urban atau komuter bukanlah satu-satunya target, pesepeda profesional juga menjadi target para pencuri sepeda, tak peduli seberapa terkenalnya ataupun masih baru. Dan sepeda bisa menjadi ciri khas diri kita…

Kenapa sepeda menjadi benda yang menarik dan mudah dicuri? Berikut adalah beberapa alsannya…..

1. Memarkirkan sepeda di halaman atau teras
Meskipun mungkin rumah sudah dilengkapi dengan pagar, dan bahkan pagar itu pun bisa dikunci, pencuri selalu punya akal yang lebih. Untuk menghindari kemungkinan terburuk, sebaiknya sepeda memang dimasukkan ke garasi atau bagian dalam rumah. Kalaupun tak ada tempat di dalam rumah, setidaknya kuncilah dengan kuci pengaman yang kokoh dan diikatkan dengan benda lain yang lebih kuat, misalnya tangga atau tiang.

2. Punya sepeda yang harganya mahal
Tentu saja. Pencuri pasti bisa memilih mana benda yang harganya murah, mana yang mahal.

3. Menyisihkan sebagian uang untuk membeli kunci pengaman, atau dua..
Di Indonesia, sebuah kunci pengaman mungkin sudah cukup. Namun di Inggris atau di beberapa negara Eropa lainnya, satu buah kunci pengaman saja belumlah cukup. Ada banyak pilihan jenis dan tingkatan keamanan kunci pengaman. Pilihlah yang benar-benar solid dan susah untuk dibobol atau dipotong.

Kunci pengaman sepeda (via kolom.hsgautama).

4. Tak memasukkan sepeda ke dalam rumah
Bukan di teras, namun di bagian yang agak tersembunyi di depan atau halaman rumah, yang jarang dilewati atau dijamah orang. Meskipun dianggap aman karena jarang dilewati orang, bisa jadi jalan pikiran pencuri lain dengan jalan pikiran orang pada umumnya, sehingga mereka malah mengincar tempat itu. Sekali lagi, hal yang paling aman adalah memasukkan sepeda ke dalam rumah.

5. Memastikan sepeda telah benar-benar terkunci
Mungkin konyol, tapi memang perlu. Seperti saat mengunci pintu rumah, dan kemudian mencoba membukanya untuk meastikan bahwa pintu telah benar-benar terkunci. Maka, lakukanlah hal yang sama pada saat setelah mengunci sepeda…..

Gunakan tiang untuk merantai sepeda (via Kompasiana).

(diolah dari totalwomenscycling.com)