Seniman Kansas Ciptakan Pembatas Lajur Sepeda dengan Pembersih Toilet

Pembersih toilet yang dijadikan pembatas lajur sepeda (via Bicycling.com / Todd Ramsey).

Sebuah pembatas lajur sepeda palsu dibuat beberapa minggu lalu di Wichita, Kansas. Lajur sepedanya memang sudah diberi cat dan marka jalan tersendiri, namun tak ada pembatas yang nyata. Kemudian, beberapa seniman urban warrior menciptakan perlindungan bagi para pengguna sepeda dengan caranya sendiri, menggunakan peralatan yang ada di dalam rumah, yaitu pembersih toilet.

Menurut laporan dari KSN, saat pesepeda melewati lajur sepeda tersebut di akhir Februari, mereka menemui bahwa lajur sepeda yang mereka lewati sudah ‘dilindungi’ dengan pembersih toilet tersebut, pun sudah dilengkapi dengan pita reflektif, menciptakan rasa aman yang lebih baik antara pesepeda dengan pengguna kendaraan bermotor di lajur sebelahnya.

Dan, dengan ide kreatif para seniman jalanan, peralatan kamar mandi pun mempunyai fungsi yang lain. Cerita tersebut pun sudah dibagikan berulang kali di media sosial, baik Twitter maupun Facebook.

Penelitian menunjukkan bahwa para pesepeda merasa lebih aman untuk bersepeda saat ada pembatas yang jelas dan nyata, antara lajur sepeda dengan lajur lain yang digunakan kendaraan bermotor, daripada sekadar lajur sepeda yang hanya dibatasi oleh marka jalan dan cat dengan warna berbeda.

Wichita sebenarnya sudah memiliki fasilitas untuk pesepeda yang memadai, dengan lebih dari 100 mil lajur sepeda terdapat di seluruh kota, seperti yang disampaikan Barry Carroll, pendiri Bike Walk Wichita, kepada CityLab.

(diolah dari www.bicycling.com)