5 Alasan Belanja Komponen di Toko Sepeda Terdekat

Toko sepeda (via reviews.mtbr.com).

Saat teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang, mungkin akan muncul pertanyaan, terkait dengan sepeda dan komponennya : Lebih bagus mana ya, membeli komponen sepeda di toko sepeda dekat rumah, atau membeli secara online lewat internet? Beberapa penjual online mungkin menawarkan harga yang sedikit lebih murah daripada yang dijual di toko terdekat. Namun ada beberapa alasan lain mengapa belanja komponen di toko dekat rumah lebih menyenangkan…..

1. Bisa melihat dengan mata-kepala sendiri dan memilih…
Saat berencana untuk mengeluarkan uang yang agak banyak untuk membeli sepeda baru atau beberapa komponen untuk upgrade, pasti ada keinginan untuk bisa melihat dan memilihnya secara langsung. Jika toko sepeda yang dekat dengan rumah sekaligus juga sebagai dealer resmi sebuah merk sepeda, maka kita pun bisa memilih sepeda yang kita inginkan.

2. Mekanik setempat pun paham dan memiliki pengetahuan yang cukup
Membaca review adalah salah satu cara bagus untuk melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli sepeda atau komponen baru, namun toko sepeda lokal bisa jadi memiliki pengalaman yang lebih baik dengan beragam komponen yang ada, karena mereka menanganinya hampir setiap hari.

Hal lain yang bisa ditanyakan langsung ke seorang mekanik di toko sepeda setempat adalah tentang kompatibilitas antar komponen. Seringkali, kita hanya ingin meng-upgrade satu komponen saja, misalkan rear derailleur. Namun, apakah kemudian RD baru itu cocok dengan tarikan shifter? Jika belum berpengalaman, bertanya pada mekanik di toko sepeda tersebut adalah solusi yang terbaik.

Selagi mekanik menyetel sepeda hingga sesuai dengan yang seharusnya, kita bisa sedikit mencuri ilmu yang mereka miliki dengan memperhatikan apa yang mereka lakukan dan iseng bertanya jika kita belum menguasai apa yang dilakukan mekanik itu…

3. Servis yang terencana
Andaikan kita berencana ingin pergi touring selama beberapa hari, dan kita memerlukan check up menyeluruh, memastikan agar sepeda yang digunakan siap untuk diajak bepergian jauh. Toko sepeda lokal mempunyai kebijakannya masing-masing. Ada yang tak menarik biaya jika kita hanya memeriksakan sepeda, jika semuanya normal. Ada pula yang memberikan servis tambahan, misal kita hanya ingin menyetel roda dan ruji, namun rem dan shifting juga disetel, dan kita cukup membayar biaya setel ruji-nya saja.

4. Garansi
Ada komponen yang rusak, bisa jadi itu karena kesalahan kita, bisa jadi pula itu karena kesalahan pada saat pemasangan atau penyetelan. Toko sepeda yang baik akan memberikan garansi bagi pelanggannya dan memberikan layanan yang terbaik pula.

5. Siap sedia saat dibutuhkan
Saat ada kebutuhan mendadak yang harus dilakukan pada sepeda yang kita pakai, toko sepeda setempat selalu siap sedia. Tak seperti toko online yang memerlukan beberapa hari hingga barang yang kita inginkan sampai di rumah…..

(diolah dari reviews.mtbr.com)