Prancis Wajibkan Helm Sepeda Bagi Anak Berusia di bawah 12 Tahun

Di Prancis, anak berusia di bawah 12 tahun wajib memakai helm saat bersepeda (via bicycling.com).

Bagi warga Prancis, atau wisatawan yang berencana libran di Prancis pada musim panas nanti bersama dengan keluarganya, perlu memperhatikan peraturan bersepeda baru yang akan diterapkan pada minggu ini. Orang tua yang memboncengkan anaknya yang berusia di bawah 12 tahun, atau membiarkan anaknya bersepeda sendiri, tanpa memakai helm, akan dikenai denda sebesar 90 Euro.

Kepala dinas keamanan jalan Prancis, Emmanuel Barbe menjelaskan peraturan baru tersebut telah diumumkan sejak akhir tahun lalu dan berlaku efektif sejak 22 Maret, hari Rabu kemarin. Hal itu dianggapnya sebagai ‘pendekatan yang lembut’.

Namun menurutnya, peraturan baru tersebut juga bisa menjadi pembelajaran bagi para orang tua. Jika orang tua tidak memakai helm, sedangkan anaknya yang masih kecil wajib memakai helm, maka anaknya mungkin akan bertanya : “Kenapa ayah / ibu tidak memakai helm?” Dan secara tidak langsung, pertanyaan sensitif itu akan membuat para orang tua mau berpikir kembali dan kemudian juga mau memakai helm saat bersepeda.

Olivier Schneider, presiden dari kelompok kampanye Federation des Usagers de la Bicyclette (FUB) menyatakan bahwa peraturan tersebut membuat kegiatan bersepeda dianggap akan sangat berbahaya. “Jika untuk pesepeda harus memakai helm, kenapa orang yang mengendarai mobil, atau saat naik-turun tangga tidak memakai helm? Bisa saja kepala tetap terantuk dan cedera ‘kan? Setiap tahun, sekitar 400 orang mengalami cedera dan trauma karena jatuh dari tangga.”

Beberapa negara lain di Eropa juga mewajibkan penggunaan helm bagi anak-anak. Sementara di Spanyol, helm wajib dipakai pesepeda yang bersepeda di luar wilayah perkotaan.

Di awal bulan ini, Bosnia & Herzegovina menghapuskan peraturan tentang penggunaan helm saat bersepeda, dan berlaku untuk semua umur pesepeda. Kebijakan yang dilakukan pemerintah Bosnia – Herzegovina itu dipercaya adalah yang pertama kalinya di dunia.

(diolah dari road.cc)