WHO : Diabetes Dapat Diatasi dengan Bersepeda

Ilustrasi "Diabetes" (via road.cc / PracticalCures.com).

Bersepeda dan berjalan kaki seharusnya menjadi prioritas para pemerintah di seluruh dunia, jika mereka sadar dan ingin mengatasi penyakit diabetes tipe 2, berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh WHO.

Diabetes sebenarnya adalah penyakit yang dapat dihindari, yaitu dengan menjaga asupan makanan dan melakukan olahraga. Namun jika sudah mengalaminya, biaya untuk mengatasinya bisa dianggap besar, baik bagi sang pengidap maupun bagi pemerintah.

World Health Organization Global Report on Diabetes menyatakan, “Kebijakan perencanaan perkotaan (urban planning) dan transportasi aktif harus memastikan bahwa berjalan kaki, bersepeda dan bentuk lain kegiatan transportasi tak bermotor dapat diakses dan aman bagi semua orang.”

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa diabetes dan komplikasinya akan memberikan dampak keuangan yang merugikan bagi penderita dan keluarganya, dan juga bagi jaminan atau asuransi kesehatan yang dilakukan oleh negara, karena akan menghabiskan biaya medis yang besar.

Diabetes kini berdampak pada sekitar 1 dari 11 orang dewasa di seluruh dunia, jumlah kasusnya bahkan berlipat 4 kali lipat, 422 juta di tahun 2014, jika dibandingkan dengan 108 juta di tahun 1980.

Ini bukan pertama kalinya WHO mengeluarkan laporan semacam itu, namun yang masih menjadi pertanyaan adalah seberapa jauh laporan tersebut bisa memberikan dampak bagi kebijakan-kebijakan yang diambil oleh para pemerintah di seluruh dunia.

(diolah dari road.cc)