Apakah Susu Bisa Jadi Pilihan Rehidrasi yang Bagus?

Sebotol susu sebagai bekal minum saat bersepeda (via Cycling Weekly).

Minuman yang terbuat dari bahan dasar susu bisa menjadi pilihan yang lebih bagus daripada minuman sport dalam hal mengganti cairan yang hilang pada saat berolahraga, menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Griffith, salah satu universitas terkemuka di Australia yang terkenal karena penelitiannya di bidang olahraga.

Penelitian tersebut membandingkan potensi kemampuan rehidrasi dari beberapa minuman yang dibuat dari bahan dasar susu dengan minuman elektrolit berkarbohidrat. Dinyatakan bahwa minuman susu krim merk Pauls, susu kedelai So Good, minuman susu Nestle dan Sustagen Sport adalah pilihan untuk rehdrasi yang lebih efektif daripada minuman sport merk Powerade.

Penelitian yang dipublikasikan di Applied Physiology, Nutrition and Metabolism memeriksa 15 pria dengan kehidupan sehari-hari yang aktif, yang kemudian disuruh untuk mengayuh sepeda statis dengan pakaian yang normal (bukan pakaian olahraga), agar mengeluarkan banyak keringat.

Setiap partisipan mengayuh sepeda hingga detak jantungnya mencapai 70-80 persen dari detak jantung maksimal bagi usia mereka masing-masing, hingga berat badan mereka berkurang 1,8 persen dari berat badan semula. Kemudian mereka harus mengkonsumsi salah satu dari empat pilihan minuman yang diteliti tersebut, hingga sebanyak 150 persen dari berat badan yang hilang, selama melanjutkan lagi kayuhan dalam waktu satu jam. Sampel darah dan urin diambil, dan massa tubuh dan toleransi gastrointestinal diukur setelah beristirahat selama empat jam.

Sementara minuman yang berbasis susu tak berpengaruh pada rasa haus, peneliti menumukan bahwa massa tubuh yang turun-naik tak terlihat signifikan pada partisipan yang meminum Powerade.

Para peneliti percaya ‘recovery cairan yang bagus’ pada partisipan yang minum Sustagen Sport dsebabkan oleh adanya kandungan energi tambahan, protein dan sodium, yang merupakan komponen nutrisi yang mempunyai kemampuan menjaga kadar cairan tubuh setelah berolahraga.

Namun, partisipan yang minum susu dan Sustagen Sport dilaporkan mengalami kembung dan rasa kenyang yang jauh lebih besar daripada mereka yang minum Powerade.

Penelitian tersebut menunjukkan kemampuan produk berbahan dasar susu yang ada di pasaran dalam mengganti cairan tubuh yang hilang selama melakukan olehraga, dibandingkan dengan minuman elektrolit berkarbohidrat.

Mengganti cairan tubuh yang hilang adalah hal yang sangat penting, agar suhu tubuh tetap terjaga dan menghindari overheat tubuh.

Peneltian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui lebih detil kemampuan susu dalam rehidrasi. Namun susu adalah minuman yang cocok untuk rehidrasi, karena kandungan proteinnya berguna dalam mempercepat proses recovery.

(diolah dari www.cyclingweekly.co.uk)