Mobil Kecil, Namun Polusinya Sama Besarnya dengan Truk Besar

Sempat terjadi 'smog' di kota London pada 10 April tahun lalu (via metro.co.uk).

Salah satu mobil kecil yang terkenal di Inggris, ternyata memiliki kadar polusi yang sama besarnya dengan truk besar, menurut sebuah penelitian di Inggris.

Mobil VW Polo terbaru yang bermesin diesel memiliki kadar buang gas nitrogen dioksida (NO2) yang sama banyaknya dengan mobil HGV plus kargonya.

James Tate dari Leeds University’s Institute for Transport Studies mengatakan, “Mobil dengan performa paling buruk (dalam tes) adalah VW Polo yang bermesin 1,4 liter turbodiesel, yang emisi NO2-nya 13 kali lebih tinggi daripada batas yang diperbolehkan di Eropa.

“Emisi gas buangnya yang 1,2 gram NO2 per kilometer sama jumlahnya dengan sebuah truk yang bermesin 13 liter.”

Transport for London (TfL) mendelegasikan Millbrook, sebuah perusahaan penguji kendaraan yang berbasis di Bedfordshire, untuk mengetes beragam kendaraan di jalanan London di malam hari, di jam-jam sibuk dan di tengah hari. Rute yang dilewati, percepatan dan perlambatan laju kendaraan dicatat dan dilakukan terhadap semua kendaraan yang diikutkan dalam uji tersebut, yang melibatkan 13 jenis mobil dan 4 truk.

James Tate berujar, “Penemuan penting dari uji kali ini adalah bahwa mobil kecil bermesin diesel ternyata memiliki emisi gas buang yang lebih buruk dari mobil yang ukurannya lebih besar (namun menggunakan bahan bakar bensin) dan bahkan lebih buruk dari beberapa jenis truk.”

Beberapa mobil lain yang memiliki emisi gas buang yang buruk adalah Vauxhall Astra, Ford Focus dan BMW 318d.

“Secara rata-rata, emisi yang dihasilkan oleh mobil bermesin diesel 1000 kali lebih banyak daripada mobil hybrid bensin – elektrik.”

James Tate juga menambhakan bahwa mengganti mobil taksi bermesin diesel dengan mobil yang menggunakan mesin hybrid adalah cara yang paling cepat untuk mengatasi buruknya kualitas udara di London.

Terkait dengan polusi yang terjadi di London, walikota London, Sadiq Khan, telah meluncurkan kebijakan denda bagi kendaraan bermotor yang memiliki emisi gas buang yang parah.

(diolah dari road.cc)