Karir Baru Carmen Small, Direktur di Tim Sepeda Balap Denmark

Carmen Small (via www.bicycling.com)

Carmen Small, yang baru saja lulus dari kursus UCI Sport Director dan juara time trial nasional Amerika Serikat, akan menggunakan keahliannya sebagai direktur olahraga di sebuah tim yang mengembangkan kemampuan olahraga di Denmark, Team VirtuPro VeloConcept, pada tahun 2017.

Setelah dua tahun terakhir yang menantang bagi Carmen Small, dan secara kontroversial tak terpilih dalam tim nasional Amerika Serikat di Olimpiade Rio 2016, dia telah berencana untuk mengakhiri karir profesionalnya setelah 10 tahun. Musim 2017 adalah musim transisi bagi pebalap spesialis time trial itu, dan Team VirtuPro VeloConcept memberi kesempatan padanya untuk menjadi mentor bagi pebalap yang lebih muda sekaligus menimba pengalaman sebagai orang di balik layar sebuah tim, yaitu sebagai direktur olahraga.

Carmen Small berujar pada CyclingNews, “Sejujurnya, aku merasa sedikit kehilangan. Aku belum tahu apa yang akan kulakukan selanjutnya. Aku sebenarnya belum ingin beranjak dari dunia balap ini, namun aku tak tahu bagaimana caranya. Lalu kemudian Bo Handberg Madsen menawariku posisi tersebut.”

“Pembicaraan dengannya memantik rasa penasaranku, karena tim itu bukanlah tim tradisional. Tim ini bukan berisi para pebalap yang kuat dan telah terbentuk dan tak hanya berorientasi pada hasil akhir. Tim ini lebih mementingkan pengembangan pribadi para pebalap, sehingga nantinya bisa menjadi pebalap hebat. Pengembangan pribadi, khususnya perempuan, saat ini menjadi hal yang penting, dan aku ingin ambil bagian dalam program itu.”

Team VirtuPro VeloConcept adalah tim yang unik, yang mengembangkan pribadi para pebalap di dalam dan di luar dunia balap sepeda. Para pebalapnya, kebanyakan berada di masa transisi dari kelas junior menuju kelas elite, diberikan kesempatan untuk mempelajari skill profesional lain agar bisa digunakan setelah selesai usia bersepeda.

Sebagai mantan guru sekolah, pendekatan semacam itu membuat Carmen Small semakin tertantang, agar bisa mengembangkan kemampuan anak didiknya, di dalam dan di luar dunia sepeda.

Sambil mempertimbangkan dan menjalaninya dengan hati-hati, Carmen Small berharap perannya yang masih sebagai mentor bersepeda dan part-time direktur olahraga, akan memberikannya jalan yang mulus untuk melepaskan dunia balap profesional dan mengakjrabi dunia kerja balap sepeda dari dari balik layar.

(diolah dari cyclingtips.com)